jakarta apabila sybil system

pagi ini jakarta panas sekali. konon suhunya adalah bahwa 32°C, tapi saya curiga bahwa sebenarnya ini lebih tinggi dari itu. kemudian di agak sore hari, thor mulai menggiling langit. karena saya akhir-akhir ini sangatlah pemalas dan boros, saya naik taksi. tapi taksi jadi keterlaluan dinginnya, padahal pakaian saya lumayan tipis layaknya pakaian orang jakarta yang hot hot hot semestinya. saya jadi tidak kuat hingga saya memutuskan turun sebelum tiba di tujuan.

perihal cuaca ekstrim ini turut memberi kontribusi pada asumsi yang telah lama saya pikirkan sejak lama, bahwasanya jakarta sudah tidak layak tinggal lagi. jika memungkinkan, saya ingin sekali segera cabut dari jakarta setelah lulus kuliah sarjana kelak. entah bekerja di luar negeri atau di daerah, pokoknya jangan jakarta.

sebagai penggemar psycho-pass, saya menghubung-hubungkan fenomena kota jakarta dengan fenomena kota dalam cerita tersebut. jika tetiba sybil system diberlakukan di kota brengsek ini, mungkin area stress level hampir seluruh daerah akan lebih dari tingkat lima. meskipun demikian, saya rasa sebagian besar penduduk kota ini kemudian akan digiring ke penjara isolasi para kriminil laten. tekanan jiwa akibat kerasnya hidup di kota jakarta sepertinya akan menyebabkan koefisien kriminal banyak penduduknya melebihi batas yang diijinkan sistem. maka jakarta akan jadi lengang. dengan penjara isolasi yang berdesakan layaknya KRL di jam-jam kritis.

ah, bahkan saya sendiri mungkin turut jadi salah satu kriminil laten tersebut. selain mengarungi jalanan jakarta hampir tiap hari, saya juga adalah seorang penikmat musik “keras” dan “gelap”. ini mungkin akan turut meningkatkan koefisien kriminal saya, sebagaimana yang terjadi pada kunizuka yayoi. dan faktor-faktor lainnya, seperti bakat masokis dan kegemaran meramu komposisi surealis pada saat-saat tertentu.

dalam masyarakat tanpa sybil system saja, saya sudah sering merasa jadi outcast. begitulah..

This entry was posted in anime, obrolan santai. Bookmark the permalink.

One Response to jakarta apabila sybil system

  1. aninditablog says:

    Wah, ada juga yang melihat sistem sybil sebagai solusi jakarta 😀 Hahaha
    Memang Jakarta kota yang rumit dan butuh penanganan ekstra keras untuk menertibkannya, andaikan sistem sybil yang ada di Phsyco pass dapat diterapkan di kota ini, maka saya sendiri akan setuju dengannya, Btw, good post 😀

Leave a Reply

